Friday, March 15, 2013



RESUME
IDENTITAS BUKU:
Judul Buku    : Filsafat Umum
Nama Pengarang    : Muzairi, M. Ag
Tahun Terbit    : Mei, 2010
Kota Terbit    : Gowok Sleman, Yogyakarta
Penerbit        : Percetakan Sukses Offset
Tebal Buku    : 163 Halaman

 
PENGERTIAN FILSAFAT
Filsafat termasuk ilmu pengetahuan yang paling luas cakupannya, karena itu titik tolak untuk memahami dan mengerti filsafat adalah meninjau dari segi etimologis. Tinjauan secara etimologis adalah membahas sesuatu istilah atau kata dari segi asal usul kata itu.

 
SEJARAH KELAHIRAN FILSAFAT
Berbicara tentang kelahiran fisafat dan perkembangannya pada awalnya tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan ilmu yang munculnya pada masa peradaban kuno ( masa Yunani)
pada tahun 2000 SM bangsa Babylon yang hidup di lembah sungai Nil ( mesir ) dan sungai Eufrat.,telah mengenal alat pengukur berat, table bilangan berpangkat, table perkalian dengan menggunakan sepuluh jari.

 
FILSAFAT YUNANI
Orang Yunani adalah orang yang hidup ke 6 SM mempunyai system kepercayaan bahwa segala sesuatunya harus diterima sebagai suatu kebenaran yang berdasar pada mitos dan dongeng-dongeng. Artinya, suatu kebenaran lewat akal piker (logos) tidak berlaku, yang berlaku hanya kebenaran yang bersumber pada mitos ( dongeng-dongeng )

 
FILSAFAT ABAD PERTENGAHAN
Setelah filsafat yunani mengalami kemegahan dan kejayaannya dengan hasil yang sangat gemilang, yaitu melahirkan peradaban yunani.
Setelah filsafat yunani sampai kedaratan Eropa, di sana mendapatkan lahan dalam pertumbuhannya.akan tetapi setelah abad ke 6 Masehi, barulah muncul para ahli piker yang mengadakan penyelidikan filsafat. Jadi filsafat eroropa yang mengawali kelahiran filsafat barat pada abad pertengahan.
Masa abad pertengahan ini juga dapat dikatakan sebagai suatu masa yang penuh dengan upaya mengiring manusia kedalam kehidupan/ system kepercayaan yang ficik dan fanatic. Masa ini penuh dengan demonasi gereja yang tujuannya membimbing manusia kearah hidup yang sholeh. Tetapi disisi lain, dominasi gereja ini tampa memikirkan martabat dan kebebasan manusia yang mempunyai perasaan.

 
FILSAFAT ISLAM
Filsafat islam dengan topic dan bahasanya, khas dengan berbagai masalah dan problematika besrta pemecahannya khas pula yang dikemukakan sebagai penyesuaiannya. Filsafat islam meneliti problematika yang satu dengan yang banyak, menyelesaikan kolerasi antara Allah dengan para makhluknya.
Filsafat islam berupaya memadukan antara wahyu dengan akal, antara akidah dengan hikmah, antara agama dengan filsafat, dan berupaya menjelaskan kepada manusia bahwa wahyu tidak bertentangan dengan akal, akidah jika diterangi dengan sinar filsafat akan menetapkan didalam jiwa dan akan kokoh dihadapan lawan.

 
FILSAFAT BARAT MODERN
Runtuhnya kebudayaan abad pertengahan disusul oleh priode pertentangan pemisahan dan perubahan-perubahan mendalam dalam bidang politik, ekonomi dan agamapriode renaissance, reformasi dan rsionalisasi merupakan peralihan kearah dan juga permulaan zaman modern.tiga wajah inilah yang member wajah baru pada kebudayaan eropa barat, yang lain dari kebudayaan abad pertengahan.
TANGGAPAN DARI 10 BUKU

 
  1. Prof. Dr. Ir. Soetriono, MP dan Dr. Ir. SRDm rita hanafie, MP, 2007, filsafat ilmu dan metodologi penelitian, Yogyakarta, C.V ANDI OFFSET.

     
    Didalam buku ini pengertian filsafat adalah: menurut arti kata, filsafat terdiri atas kata philein yang berarti cinta, Sophia yang berarti kebijaksanaan. Filsafat berarti kebijaksanaan. Cinta berarti berhasrat yang sangat besar atau yang berkobar-kobar atau yang sungguh-sungguh.
    Penurut pengertian umum, filsafat adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki hakikat segala sesuatu untuk memperoleh kebenaran.
    Dari beberapa pendapat diatas, pengertian filsafat dapat dirangkum sebagai berikut:
  • Filsafat adalah hasil pikiran manusia yang kritis dan dinyatakan dalam bentuk sistematis.
  • Filsafat adalah hasil pikiran manusia yang paling dalam.
  • Filsafat adalah rifleksi lebih lanjut daripada ilmu pengetahuan .
  • Filsafat adalah hasil analisis abstraksi.
  • Filsafat adalah pandangan hidup.
  • Filsafat adalah hasil perenungan jiwa manusia yang mendalam, mendasar, dan menyeluruh.
Seterusnya menanggapi filsafat modern, abad 17 merupakan kelahiran filsafat modern didunia barat. Bapak filsafat modern adalah Rene Deskertes (prancis)kelahiran filsafat modern ini hasil pengaruh-pengaruh antara filsafat natural secience yang waktu itu mulai berkembang. Aliran-aliran filsafat modern adalah idealism, nasionalisme, positifisme, empirisme, materialism dan skeptipisme.
Kemudian filsafat yunani kuno, sejak abad ke-6 menyebar ketimur dan kebarat, sedangkan di Yunani sendiri tidak banyak mengalami perubahan dan perkembangan. Dunia arab merupakan salah satu bagian dari dunia timur yang memperkembangkan filsafat yunani kuno ini.
  1. Drs. Beni ahmad saebani, M.Si, 2009, filsafat ilmu, bandung, pustaka setia.

     
    Buku ini menanggapi filsafat islam, tentang cinta dan keindahan.pemisahan antara pengetahuan dan kepentingan manusiawi yang terwujud dalam pemisahan teori dan praxis, sebagaimana dianut oleh ilmu pengetahuan belum modern, belum dikenal didalam tradisi pemikiran yunani purba. Sebaliknya didalam pemikiran kuno itu terjalin peraturan yang erat antara teori dan paraksis hidup manusia sehari-hari.
    Dengan teori manusia memperoleh orientasi untuk bertindak secara cepat sehingga paraksis hidupnya bias merealisasikan kebaikan, kabahagiaan dan keindahan.
    Pemisahan diri pengetahuan dari berbagai kepentingan diluar jati dirinya mencapai puncak keputus asaan. Karna sampai lahirnya filsafat modern. Pemisahan itu justru semakin memperlebar ruang gerak filsafat untuk nimbrung dalam segala bentuk pengetahuan. Termasuk didalamnya aksiologi yang mengatasnamakan estetika, bahkan bahkan ada yang memosisikannya sebagai hakekat segala sesuatu. Tampa itu semua, eksistensi diri bagaikan hamba yang terlunta-lunta mencari tempat bernaung. Keindahan adalah tujuan dalam kehidupan.
    Keindahan itu sendiri berawal dari cinta, dan filsafat adalah hakekat cinta. Oleh karena itu, secara filosofis, estetis menjadikan cinta sebagai tujuan segala sesuatu adalah sama dengan mengembalikan filsafat pada substansi dirinya sendiri. Semua berawal dari cinta, sedangkan keindahan hanyalah akibat dari eksistensinya. Agama-agama yang dianut oeh bangsa-bangsa didunia mengajarkan paradigm-paradigma cinta. Cinta kepada tuhan adalah penggerak utama untuk menampakkan cinta kepada sesame makhluk tuhan.
    Oleh karna itu, keindahan bukan berasal dari suatu benda, tetapi menyertai benda itu sendiri. Bagi Plotinus, keindahan itu merupakan pancaran akal ilahi. Bila yang hakikat itu menyatakan dirinya atau memancarkan sinarnya, itulah itulah hakikat keindahan. Keindahan itu bebas dari tafsiran. Sekehendak pikiran dan perasaan sesuatu memiliki keindahan.
  2. Buku: Drs. Surajio. 2007, filsafat ilmu, perkembangannya di Indonesia, Jakarta, PT bumi aksara.

 
Mengenai filsafat pada zaman yunani, didalam ini dikatakan bahwa zaman yunani kuno dipandang sebagai zaman keemasan filsafat, karna pada zaman ini oranmemiliki kebebasan untuk mengungkapkan ide-ide atau pendapatnya. Yunani pada masa itu dianggap sebagai gudang ilmu dan filsafat, karna bangsa yunani pada masa itu tidak lagi mempercayai mitodologo-mitodologi.
Pada zamahelinistis dan romawi, Alexander agung telah berkembang sebuah kebudayaan tradisional yang disebut kebudayaan hellinistis, karna kebudayaan Yunani tidak terbatas lagi pada kota-kota Yunani saja, tetapi juga mencakup seluruh wilayah yang ditaklukkan Alexander agung.
Dan dizaman abad pertengahan ditandai dengan tampilnya teologi dilapangan ilmu pengetahuan. Para ilmuan pada masa ini hamper semuanya adalah para teologi, sehingga aktivitas ilmiah terkait dengan aktivitas keagamaan.priode abad pertengahan mempunyai peradaban yang sangat mencolok dengan abad sebelumnya. Peradaban ini terutama terletak pada dominasi agamatimbulnya agama Kristen yang yang diajarkan oleh nabi Isa A.S.
Dizaman renaissance ditandai sebagai era kebangkitan kembali pemikiran yang bebas dari dogma-dogma agama. Renaissance adalah zaman peralihan ketika kebudayaan abad pertengahan mulai berubah menjadi kebudayaan modern. Manusia pada zaman ini adalah manusia yang merindukan pemikiran yang bebas. Manusia ingin mencapai kemajuan atas hasil usaha mereka sendiri, tidak dicampurkan atas tangan ilahi.
Pada zaman modern ditandai dengan berbagai penemuan dalam bidang ilmiah. Perkembangan ilmu pengetahuan pada zaman modern sesungguhnya sudah dirintis sejak zaman renaissance. Seperti rene Descartes, tokoh yang terkenal sebagai babak filsafat modern.

 

 
  1. Buku: Drs. Surajio, 2005, ilmu filsafat suatu pengantar, Jakarta, PT bumi aksara.

 
Kelahiran filsafat di Yunani diperkirakan pada abad ke-6 Sebelum Masehi.timbulnya filsafat ditempat itu disebut peristiwa ajaib.ada beberapa factor yang yang sudah mendahului dan seakan-akan mempersiapkan lahirnya filsafat di Yunani. K. bertens menyebut ada tiga factor, yaitu sebagai berikut:
  1. Pada bangsa Yunani, seperti pada bangsa-bangsa sekitarnya, terdapat suatu metodologi yang kaya serta luas.mitodologi ini dianggap sebagai perintis yang mendahului filsafat.
  2. Kesusasteraan Yunani, dua karya puisi homeros yang berjudul ilias dan odyssea mempunyai kedudukan istimewa dalam kesusasteraan yunani, syair-syair dalam karya tersebut sudah lama digunakan sebagai semacam buku pendidikan untuk rakyat yunani.
  3. Pengaruh ilmu pengetahuan sudah terdapat ditimor kuno, orang yunani tentunya berutang budi kepada bangsa lain dalam menerima beberapa unsure ilmu pengetahuan. Seperti ilmu ukur dan ilmu hitung yang berasal dari bangsa mesir.
Kemudian sejarah filsafat barat dibagi dalam empat priode, yaitu zaman kuno, zaman abad pertengahan, zaman modern, dan masa kini. zaman modern dimulai dengan masa renaissance yang berarti kelahiran kembali.latar belakang dan implikasi dari renaissance adalah sebagai berikut:
  1. Pudarnya kekuasaan politik dan kekuasaan spiritual yang mengakibatkan lahirnya cita-cita semangat pembaruan dan pembebasan.
  2. Berkembangnyan jiwa dan semangat individualism.
  3. Pertentangan antara universalia dan individualia berakhir dengan kemenangan individualia.
  4. Timbulnya rasa kebanggaan terhadap harta dan derajat manusia.

 

 

 
  1. Buku: Drs. Burhanuddin Salam, 2005, pengantar filsafat, Jakarta, PT bumi aksara.

 
Didalam buku ini kita ingin memperdalami pengertian tentang filsafat, yaitu dengan menunjukkan bagaiman filsafat itu timbul dari kodrat manusia.artinya asal ada manusia, ada filsafat, karna sesuai dengan kodratnya manusia itu.
Mengenai hal ini pokoknya telah diterangkan yaitu bagaimana dari keinginan akan mengerti, akan kebenaran, timbullah ilmu-ilmu pengetahuan dan akhirnya timbullah filsafat. Akan tetapi pandangan ini masih kurang kuat berat sebelah, seakan-akan filsafat hanya timbul bagi para ahli ilmu pengetahuan saja. Dan sama sekali tidak berarti bagi mereka yang tidak ahli ilmu pengetahuan.
Menurut aristoteles, filsafat dimulai dengan suatu thauman (rasa kagum) yang timbul dari suatu aporia, yakni suatu kesulitan yang dialami karna adanya percakapan-percakapan yang saling kontradiksi, istilah aporia dari bahasa Yunani juga berarti problema. Jadi filsafat itu mulai ketika manusia mengagumi dunia.

No comments:

Country Visitor

   

FEEDJIT Live Traffic Feed

September 11, 2001

ISLAMIC WEBSITE

Thanks 4 not smoking


ApapunYgTrjadi:Baik


PuPuMaaaaa


Who is this

KAMUS

all of u r welcome

Labels/Kategori

i hope u enjoy...............

Loading...

Smile


ALWIN TANJUNG

ALWIN TANJUNG

Alwin Tanjung

Alwin Tanjung
E-mail: win3471@gmail.com

Boston

Boston

Blog Archive

SunSet

SunSet
Image

Guest Book (BukuTamu)


Layar Tancap

Loading...

Rambut Trpanjang......

Rambut Trpanjang......
di Dunia